Selasa, 24 Mei 2016

Lulus UN bareng Quipper Video

Kali ini aku mau ceritain pengalamanku bersama Quipper Video, khususnya saat detik-detik menjelang UN yang telah berhasil kulewati. Quipper Video?? Apa sih itu? Okee, aku review dikit tentang Quipper, jadi Quipper itu situs pembelajaran online berbasis video yang membantu kita buat belajar pelajaran di sekolah guys. Cara belajarnya ga kalah sama bimbel-bimbel di luaran, malahan disini lebih fun dengan tutor-tutor yang cara ngajarnya seru bin kocak semua. Itu dulu ya penjelasan singkat tentang Quipper Video. Sekarang aku mau ceritain pengalamanku dulu. Lanjut paragraf berikutnya ya. Cekidot!!
Ini tampilan Dasbor Quipper Video yang eye catchy banget


Nah jadi aku mulai menggunakan Quipper di semester 2 akhir kelas XII, tepatnya tanggal 18 Desember 2015, mepet banget ya kalo dipikir-pikir. Tapiii di waktu sesingkat itu sempet kok buat belajar UN kalo ditenemenin sama Quipper. Aku tau situs ini dari iklan di TV, awalnya sih cuma iseng daftar doang, rada ga percaya gitu deh. Tapi setelah diselidikin lebih dalam ternyata beneran nih, tuh buktinya sampe ada iklannya di tipi, malah ada brosur gitu yang dibagiin di sekolahku. Waah pasti worth it nih. Aku cari-cari info lagi, eh nemu sample videonya. Langsung aja kutonton dan ternyata bener tutor nya pada asik-asik kalo ngejelasin, ngga ngebosenin.
Begini tampilan cara mengajar di Quipper Video. Udah kayak bimbel beneran kan?!


Aku efektif belajar di Quipper itu sekitaran awal Maret, soalnya udah deket-deket US. Jadi mau kebut-kebutin belajarnya /jangan ditiru/. Dan bener aja, terasa banget bedanya, setelah make Quipper itu lebih mudah dapet pencerahan tentang pelajaran yang ga dimengerti yang ga sempet ditanyain ke guru. Malahan kalo di Quipper aku lebih mudah ngertinya, karena dijelasin step by step. Apalagi ini kan berbasis video, jadi kita tinggal rewind aja kalo masih belum ngeh.

Selain itu, di Quipper Video bukan cuma nyedian video aja. Kita juga disuguhkan tulisan-tulisan dengan berbagai topik menarik seputar UN, SBMPTN, bimbel, info seputar perkuliahan, dsb. Semua itu terangkum di dalam Quipper Video Blog, monggo silakan mampir, hehe. Untuk blog tentang UN nya sendiri ada banyak info mengenai ujian nasional, tips dan trik belajar buat UN, dan macem-macem topik menarik lainnya. Dengan adanya tulisan itu, kita juga bisa mendapat gambaran mengenai ujian nasional dan dapetin info-info baru yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya

Yuk, yuk, balik ke topik lagi. Hari-hari berlalu, US berhasil kulewati dengan baik dan hasilnya pun bagus banget, beda banget sama sebelum pake Quipper Video. Kalo kayak gini kan jadinya makin PD ngadepin yang namanya UN. Oh iya, di sekolahku kan ada 2 kali TO buat UN gitu, aku juga giat pake Quipper juga loh, haha. Hasilnya? Ga usah ditanya lagi, bukannya sombong nih, tapi aku juga ga nyangka kalo MTK ku dapet nilai tertinggi seangkatan. Ya, cuma MTK aja, hehe soalnya pas TO 1 aku cuma perdalem MTK nya doang. Nah pas TO 2 aku mulai belajar yg lainnya, Fisika, Kimia, sama Biologi. Kalo Bahasa Indonesia, sama Bahasa Inggris aku belum liat liat di Quipper nya, waktunya mepet soalnya hehe. Dan bener aja sob, nilai-nilai IPA ku pada ningkat semua, dan MTK ku tetep jadi yang tertinggi seangkatan, hehe. Semua ini berkat Quipper yang selalu nemenin aku waktu belajar. Thanks to Quipper.

H-14 UN aku baru kebut-kebutan kejer materi nih, difokuskan ke seluruh pelajaran yang di UN kan, termasuk B. Indo dan Inggris. Kebetulan sekolahku nerapin sistem CBT, jadi sehari satu pelajaran gitu. Jadi setiap hari selama 6 hari UN itu aku terus-terusan mantengin Quipper Video dari siang sampe malem, diselingi berbagai istirahat dan keperluan pribadi. Bukannya aku sampe lupa waktu lho ya, karena aku belajarnya sambil pasang alarm, jadinya bisa memaksimalkan waktu belajar, dan sebisa mungkin ga begadang. Ga ada bosennya deh kalo belajar sama Quipper, soalnya cara tutornya ngajar itu lho yang fun dan ga ngebosenin, jadi ga berasa ngantuk klo belajar bareng Quipper.

Ujian demi ujian berhasil dilewati dengan baik dan ga ada kendala yang berarti saat ngerjain soal. Sekarang tinggal nunggu hasilnya doang nih. Muncul pertanyaan pertanyaan di kepala ku, "Gimana ya hasil belajar aku selama ini?", "Perjuangan aku dihargai seberapa nih ya", "Sia-sia ga ya aku tiap hari mantengin Quipper Video yang lumayan bikin kuota tipis?". Ketakutan itu mulai bermuncullan di benakku, tapi seiring berjalannya waktu, ketakutan itu pun berkurang karena aku semakin yakin, perjuanganku pasti ga sia-sia dan dikasih harga yang mahal sebagai imbalannya.

Sekitar sebulan digantung (kalian tau lah gimana rasanya digantung, ya kan? Hehe) pengumuman pun tiba. Dan, ternyata ketakutan ku itu ga beralasan sama sekali, haha. Soalnya pas aku liat hasil UN ku itu seneng banget. Walau ga jadi yang tertinggi, tapi nilaiku ga jelek juga, hehe. Bukan bermaksud sombong atau ngumbar nilai ya hehe. Nilai UN ku berkat hasilku mantengin Quipper tiap hari yaitu 522, atau rata-rata nya 87. Untuk nilai segitu, udah ngebanggain banget lho. Apalagi setelah aku ngebandingin nilainya sama temen-temenku yang nilainya selalu lebih kalo di kelas, ternyata nilaiku jauh di atas mereka. Selisih jumlah nilainya sekitar 20-30an. Waaah, ternyata perjuanganku ga sia-sia sama sekali. Semua ini berkat Quipper Video yang ngebantu banget waktu aku belajar. Sekali lagi makasih banyak buat Quipper Video!

Oh iya, aku mau kasih tau dikit nih cara aku belajar sama Quipper saat detik-detik jelang UN. Jadi aku kumpulin dulu soal-soal yang sesuai SKL UN 2016, kerjain, kalo ada yang ga ngerti baru deh hunting di Quipper tentang materi yang sesuai. Sekitar 10-15 menit pantengin HP, langsung bisa jawab deh soalnya. Jadi waktunya bisa efektif digunain. Naah, kalian jangan takut kalo nonton di HP entar malah tergoda sama sosmed segala macem. Kalo udah nontonin para tutor beraksi, pasti ga ada kepikiran buat ngelakuin hal yang lainnya deh (pengalaman pribadi). Nah, kalo ada notifikasi yang ngeganggu, tinggal matiin aja notifikasinya selama hari-hari UN. Entar bisa liat lagi sosmednya di waktu senggang. Kalo mau lebih enak lagi nih belajarnya, nonton di laptop aja, lebih gede, godaan sosmed segala macem juga bisa diminimalisir. Berhubung aku ga punya laptop, jadi pake HP aja udah cukup kok, haha.

Semoga saja ke depannya Quipper Video lebih dikenal lagi ke sekolah-sekolah. Sehingga pendidikan di Indonesia menjadi lebih maju lagi dan tak kalah sama negara-negara lainnya. Aku juga berharap agar lambat laun, Quipper bisa berkontribusi dalam membentuk generasi penerus bangsa yang berkualitas untuk Indonesia yang lebih maju lagi. Oh iya, terima kasih buat kalian semua yang sudah berkunjung ke blog aku ya :), semoga bermanfaat dan bisa memotivasi kalian semua untuk belajar lebih giat lagi! Khususnya buat pejuang UN 2017, 2018, daaan seterusnya. Sampai jumpa di tulisan selanjutnya, hehe.

9 komentar:

  1. Good Luck kawan :)
    mampir juga : http://www.septhianyogas.id/2016/05/susah-belajar-lewat-buku-lulus-un.html

    BalasHapus
  2. Wah makasih ya review nya. Ini mau nyoba daftar, cuma harganya mahal banget, beda jauh sama harga kompetitor quipper. Btw jadi sekarang lanjut sekolah dimana gan? Sukses yaa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, maaf ya baru bisa bales, hehe.
      Iya sama-sama. Waktu itu aku beli paketnya pas ada promo sih. Jadi bisa dapet Rp. 380.000, hahaha. Td ngecek, trnyata ga ada promo lagi yah, kalo emang berminat, ada baiknya didiskusiin aja ke ortu. Toh juga ini lebih murah dari biaya les, hehe.
      Sekarang lanjut di PPTI BCA gan.

      Yo, semangat!

      Hapus
  3. makasih banyak reviewnya, mau nanya dong, misalnya di dalam video ada yang saya gak ngerti itu bisa lngsung ditanya ke quippernya gak? makasih yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, maaf ya baru bales, hehe.
      Hmm, waktu aku pake sih, belum ada fitur kayak gitu sih, tapi tenang aja, mereka udah jelasinnya jelas banget kok.

      Hapus
  4. Salut sama kamu as Aldo Novendi...

    Saya jadi kepingin pakai quipper Vidio . Mau tanya al , seberapa besar sih porsi/pengaruh belajar di Quipper video bagi pembelajaran dan nilai UN kamu Al ?
    Contohnya -semagat kamu Berapa persen pengaruhnya....
    -materi pembelajaran di kelas berapa persen...
    -guru berapa persen ...
    -dukunggan ortu berapa persen ...

    Apakah quipper Vidio paling besar memberikan pengaruh Al... Apa yg lain..

    Terimakasih banyak Aldo👍

    BalasHapus